Senin, 22 April 2019

Suka Bawang Bombay? Ini 6 Khasiat yang Tubuh Anda Akan Dapatkan


Tidak cuma membuat makanan makin enak, bawang bombay mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan badan. Apa kegunaan bawang bombay? Inilah penjelasannya

Baca Juga : minyak kutus kutus makassar

Kandungan gizi bawang bombaySebelum tahu khasiatnya, yuk lihat apa sebenarnya isi dlm bawang bombay.

Dlm 100 gr bawang bombay memiliki kandungan:


  1. Air: 87.lima gr
  2. Daya: 43 kal
  3. Protein: 1,empat gr
  4. Karbohidrat: sepuluh,tiga gr
  5. Serat: dua gr
  6. Lemak: 0,dua gr
  7. Natrium: duabelas mg
  8. Kalium: sembilan,enam mg
  9. Vitamin C: sembilan mg
  10. Kalsium: 32 mg
  11. Besi: 0,lima mg
  12. Zink: 0,tiga mg
  13. Vitamin B2: 0,21 mcg (mikrogram)
  14. Karoten keseluruhan: 50 mcg


Disaksikan dari nilai gizi itu, bawang bombay termasuk juga bahan makanan yang memiliki kandungan padat zat gizi. Bawang bombay rendah kalori tetapi tinggi akan vitamin, mineral, serta senyawa anti-oksidan di dalamnya. artikel lainnya jual obat ejakulasi dini di makassar

Kegunaan bawang bombay

1. Kesehatan jantung

Bawang bombay mempunyai kegunaan begitu baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah. Dari mengawasi desakan darah, sampai turunkan resiko berlangsungnya serangan jantung.

Ini sebab terdapatnya kandungan kalium dlm bawang bombay yang mempunyai dampak penurun desakan darah. Quercetin, salah 1 type flavonoid dlm bawang bombay pun menolong kalium mengawasi desakan darah serta tingkatkan kesehatan jantung keseluruhannya.

dua. Menahan berlangsungnya kanker

Kegunaan bawang bombay yang lain ialah menjadi pencegah kanker. Bawang bombay masuk ke dlm grup sayur allium. Sayur allium ini mempunyai keutamaan menahan kanker khususnya kanker perut serta kolorektal (usus besar) sebab senyawa organosulfur di dalamnya yang tinggi sekali.

Proses persisnya bagaimana organosulfur menghalangi perkembangan sel kanker belum juga didapati, tetapi pada intinya senyawa ini bertindak penting menahan pembentukan radikal bebas dlm badan.

Bawang bombay pun adalah sumber anti-oksidan dari vitamin C yang begitu kuat. Keadaan ini membuat bawang bombay mempunyai kemampuan yang besar untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Diluar itu, bawang bombay dikenal juga dgn kandungan quercetinnya. Quercetin adalah agen anti kanker yang kuat.

Dikutip dari situs Live Science, orang yang makan bawang bombay menyerap 2 kali semakin banyak quercetin dibanding mereka yang minum teh, 3 kali semakin banyak dibanding mereka yang makan apel. Ditambah lagi pada bawang bombay yang merah, kandungan quercetinnya tertinggi.

Bawang bombay dapat menolong mengatasi resikonya dari penyembuhan kanker. Satu penelitian tauhn 2016 dlm Integrative Cancer Therapies temukan jika konsumsi bawang bombay fresh menolong mengurang berlangsungnya resistensi insulin serta hiperglikemia pada pasien kanker payudara yang tengah melakukan kemoterapi. Misalnya yang seringkali berlangsung, kemoterapi kanker payudara umumnya memunculkan resikonya ini.

tiga. Mengawasi mood

Folat yang diketemukan dlm bawang bombay nyatanya dapat juga kurangi tanda-tanda stres dikutip dlm situs Medical News Today. Folat kurangi terbentuknya homosistein, senyawa yang dapat menahan darah serta zat gizi sampai otak dgn maksimal.

Dgn mendesak produksi homosistein, ini berarti produksi zat kimia di otak misalnya serotonin, dopamin, serta norepinefrin dapat di produksi dgn lancar. Produksi zat kimiawi otak ini yang lancar membuat otak lebih maksimal mengendalikan situasi hati, siklus tidur, juga gairah makan.

empat. Memperkuat kebal badan

Kegunaan bawang bombay sebagai penguat skema imunitas badan. Polifenol dlm bawang bombay bertindak selaku anti-oksidan, membuat perlindungan badan dari radikal bebas. Menyusutnya tumpukan radikal bebas dlm badan bisa menolong menggerakkan skema kebal badan jadi makin kuat.

Menurut University of Maryland Medical Center, quercetin di bawang pun membantu kurangi reaksi alergi dgn hentikan badan menghasilkan histamin, yang membuat Kamu bersin, mengatasi, serta gatal.

lima. Mengawasi manfaat skema pencernaan

Serat dlm bawang bombay membuat kerja skema pencernaan berperan dgn baik. Bawang bombay memiliki kandungan type serat spesial, yaitu serat larut yang dimaksud dgn oligofructose. Serat ini yang menggerakkan perkembangan bakteri baik di usus. Oligofruktosa ini pula diperlukan untuk menolong menahan serta menyembuhkan diare.

enam. Mengawasi kandungan gula darah

Kromium yang ada dlm bawang bombay mempunyai peranan menolong mengendalikan kandungan gula darah. Sulfur dlm bawang bombay menolong turunkan gula darah serta menyebabkan penambahan produksi insulin.

Penelitian dlm jurnal Environmental Health Insights mengatakan jika bawang bombay begitu bermanfaat untuk beberapa orang dgn diabetes. Orang dgn diabetes type 1 serta type dua yang makan bawang bombay (berwarna merah) dlm riset ini memberikan kandungan gula darah yang lebih rendah sampai empat jam kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar